World of IFAN

Sumbang saran, pikiran, pendapat dan pengaman (eh maksudnya pengalaman)….

I wish……….

My Dream about transportasi in JABOTABEK adalah pertama KRL yang jalan setiap 10 menit sekali. Yup KRL adalah transportasi massal yang terbukti efektif, dan murah dalam menciptakan sebuah sistem massal perkotaan khususnya Jakarta. Gak usah deh monorel yang penting mah KRL dimaksimalkan, caranya?

1. Jalur Jabotabek yang sebagian besar sudah double track harus dibersihkan dari Kereta Api luar kota. So Kereta Api Luar Kota dibuat stasiun besar di daerah Bekasi. Jadi orang yang mau keluar kota harus ke Stasiun ini yang terintegrasi dengan KRL Jabotabek.

2. Semua KRL Jabotabek harus AC Ekonomi artinya AC dan berhenti disetiap stasiun.

3. Gunakan sistem tiket elektronik (minimal seperti Busway koridor1) dan semua stasiun hanya memiliki akses ke peron ketat seperti halte busway sehingga tidak ada penumpang liar ataupun penumpang yang bayar kasrcis diatas kereta.

4. Harus ada sistem yang saling berkaitan (ada stasiun transit seperti Busway). Contohnya ada kereta linkar dalam kota seperti Blue Line yang muter dan tersedia setiap 7-10 menit sekali yang menjangkau setiap stasiun dalam kota termasuk stasiun kota. Lalu kereta yang dari pinggiran Jakarta hanya melayani sampai stasiun yang ada KRL dalam kotanya (Blue Line) misal Bekasi hanya sampai Jatinegara lalu penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan KRL yang ada di Jatinegara. Di Jatinegara itu tersedia kereta yang akan melalui stasiun manggarai terus ke gambir dan mentok di kota ada juga yang menuju pasar senen, kemayoran dan berakhir di Kota. Lalu yang dari Depok dan Bogor tidak sendiri sendiri Tapi terbagi 2 yang dari Bogor hanya sampai stasiun depok atau Lenteng Agung lalu berpindah kereta yang Menuju Tn Abang Via manggarai. So yang mau ke kota atau ke gambir atau ke senen atau ke Jatinegara bisa turun di Manggarai dan mengikuti kereta yang ada. Sedangkan untuk serpong dan Rangkas bitung bisa dibuat sampai Tn Abang lau dari Tn Abang bisa transit ke kereta yang dibutuhkan. Jadi ada titik titik Transit yaitu Jatinegara, Manggarai, dan Tn Abang.

5. Semuanya harus on Time sehingga ketika transit penumpang tau berapa lama dia harus menuggu dan berapa lama waktu yang harus ditempuh.

6. Harga Tiket yang sesuai tujuan ya seperti MRT di Singapura tapi kalau masih bingung ya bisa dipukul rata tapi ya jangan mahal banget ya mungkin untuk yang Bekasi dan Depok bisa 5000 dan Bogor bisa 6000.

Karena gw yakin bahwa dengan maksimalanya layanan KRL makin banyak pengendara pribadi yang beralaih ke sarana transportasi massal dan juga dengan memaksimalkan kinerja BUSWAY maka kemacetan akan bisa ditekan dan penghematan akan tercapai. Ya selain itu prasarana Stasiun juga di bagusin dan juga tersedianya parking lot untuk memarkir sepeda motor dan mobil di setiap stasiun atau transportasi angkot atau bus untuk ke stasiun.

Kapan ya kayak gitu bisa terjadi gak usah muluk muluk kaya singapura lah kayakk gitu aja juga udah keren banget ………….(Mimpi Kali ya…)

( Gak apa apa lah masih bisa mimpi ya ng enak..)

Iklan

1 Komentar»

  nyurian wrote @

asiik. ipan jadi masinis kereta…
huehuehue…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: